Keris Untuk Para Pejabat

18 May 2012

keris-vs-senpiRibut-ribut yang terjadi dikalangan pejabat akhir-akhir ini mengenai urgensi kepemilikan senjata api membuatku teringat pada salah satu jenis senjata untuk membela diri yang pernah populer di Nusantara.

Senjata itu bernama keris, yang merupakan salah satu senjata asli yang berasal dari Nusantara dan juga warisan nenek moyang bangsa kita yang kini masuk dalam koleksi unesco.

Ada beberapa persamaan antara keris dan senpi bila dilihat dari kegunaannya, yaitu sebagai senjata untuk membela diri, setidaknya begitulah alasan dari pemiliknya.

Namun berkaca dari sejarah, keris dahulu juga merupakan senjata yang tidak dengan mudah dimiliki oleh setiap orang, dan hanya kalangan tertentu yang menggunakannya.

Mengapa keris dahulu juga hanya dimiliki kalangan tertentu?

Keris konon adalah salah satu jenis senjata yang memiliki kesaktian tersendiri disamping kemampuan empunya. Keris dapat dikendalikan, tapi juga dapat mengendalikan si pemiliknya. Hal itu tentu menjadikan keris merupakan senjata yang menakutkan apabila dimiliki oleh sembarangan orang dan si pemiliknya menggunakan dengan sembarangan pula.

Demikian halnya dengan senpi yang seolah memiliki kesaktian sendiri, buktinya sang pemilik merasa gagah dan mampu membela diri dengan menenteng senpi, bukankah itu karena pengaruh dari memiliki senpi?

Dan belakangan ini keris sudah tidak lagi menjadi senjata yang menakutkan, melainkan banyak yang hanya dijadikan asesoris atau pajangan dan mulai digantikan posisinya oleh senpi sebagai senjata bela diri.

Padahal senjata apapun tak ada yang lebih ampuh, berbahaya dan lebih menakutkan selain lidah. Seperti ungkapan bahwa lidah lebih tajam daripada senpi! Ehh pedang… :D

Semoga pemilik senjata dapat mengendalikan senjatanya dan bukan sebaliknya.


TAGS Keris senjata senpi


-

Author

Follow Me